UA-66577810-1

Friday, September 25, 2015

Dahsyatnya Manfaat Shalat


zonaku-zonasehat.blogspot.com

Dahsyatnya Manfaat  Shalat

Shalat merupakan salah satu Rukun Islam dlm ajaran Islam dan setiap muslim diseluruh dunia diwajibkan untuk menunaikan atau mengerjakan Shalat karena Shalat merupakan kewajiban, Adapun Shalat sendiri terdiri 5 Waktu Shalat Wajib yg antara lain Shalat Maghrib, Shalat Isya, Shalat Subuh, Shalat Dhuhur dan Shalat Asyar. Ke 5 ( Lima ) Shalat Wajib tersebut mempunyai beberapa manfaat dan keutamaan bagi para muslim seperti yg telah di janjikan oleh Alloh Swt.

Shalat 5 Waktu merupakan ibadah yg Alloh Ta’ala syariatkan kpd Nabi Muhammad saw secara langsung tanpa adanya perantara malaikat, berbeda halnya dg kewajiiban lainnya yg diwajibkan melalui perantara Malaikat sehingga kita bisa mengambil kesimpulan sendiri bahwa memang Shalat merupakan hal yg sangat penting sampai2 Alloh menyampaikan sendirii kpd Nabi Muhammad Saw.

Adapun Manfaat Shalat Fardhu secara umum mempunyai keutamaan untuk menghapus semua dosa dan kesalahan yg telah kita perbuat, seperti Sabda Nabi Muhammad Saw yg berbunyi : ” Tidaklah seorang muslim didatangi Shalat Fardhu lalu dia membaguskan wudlu-nya dan khusyu dlm shalat-nya, melainkan itu menjadii penebus dosa – dosa terdahulu, selama diaa tidak melakukan dosa besar dan itu berlaku pd sepanjang zaman”..

Keutamaan Dan Manfaat Shalat Fardhu


1. Manfaat dan Keutamaan Shalat Maghrib


Shalat Maghrib itu adlh saat di mana taubat Nabi Adam As diterima dan Seorang Mukmin jika mengerjakan suatu Shalat Maghrib yg dilakukan dg benar – benar ikhlas maka memintalah sesuatu  daripada Alloh, Maka Allah akan memperkenankan atau mengambulkan-nya.

2. Manfaat dan Keutamaan Shalat Isya


Sesuai dg Sabda Nabi Muhammad Saw yg berbunyi : ” Shalat Isya (Atamah) katakan kubur itu adalah sangat gelap dan begitu jg pd harii kiamat, maka seorang mukmiin yg berjalan dlm malam yg gelap untuk pergi menunaikan shalat Isya berjamaah, maka Alloh Swt haramkan dirinya daripada terkena nyala apii neraka dan diberikann kepadanya cahaya untuk menyeberangii Titian Sirath “…

3. Manfaat dan Keutamaan Shalat Subuh


Adapun Sabda Nabi Muhammad Saw tentang manfaat shalat subuh yang berbunyi : ” Shalat Subuh pula, jikaa seseorang mukmin yg mengerjakan shalat subuh selama 40 hari secara berjamaah, diberikan kepadanya oleh Alloh swt 3 kebebasan yaitu Dibebaskan daripada api neraka dan dibebaskan dari nifaq.”

4. Manfaat dan Keutamaan Shalat Dhuhur


Saat Menyalanya Neraka Jahannam, maka tidak seorang mukmin yg melakukan Shalat itu melainkan diharamkan atasnya uap neraka jahannam itu pada hari kiamat.

5. Manfaat dan Keutamaan Shalat Ashar


Sabda Nabi Muhammad Saw lagi yg berbunyi :” Manakala Shalat Ashar adalah saat dimana Nabi Adam A.s memakan buah khuldi, Orang-orang mukmin yg mengerjakan Shalat Ashar akan diampunkan dosanya seperti bayi yang baru lahir”.

Nabi Muhammad Saw bersabda lagi : ” tidak akan masuk neraka seseorang yg shalat sebelum terbit mataharii dan sebelum terbenamnya mataharii”. Kemudian Alloh Berfirman yg berbunyii : ” Menjaga Shalat Subuh dan Ashar merupakan sebab terbesar masuk surga dan selamat dari neraka”.

via: rukun-islam