UA-66577810-1

Wednesday, September 9, 2015

Cara mudah dan ampuh melatih kekuatan


zonaku-zonasehat.blogspot.com

Cara mudah dan ampuh melatih kekuatan


Latihan Kekuatan adalah suatu jenis latihan tubuh yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan fisik.  Kekuatan yang dilatih dibagi menjadi dua yaitu kekuatan absolut dan kekuatan relatif. Latihan kekuatan bermanfaat untuk membangun otot, membakar lemak, meningkatkan kesehatan, dan memperkuat karakter publikasi oleh Gilles Beaudin pada tahun 2014 menyatakan bahwa latihan kekuatan bermanfaat untuk menghambat penuaan, memperbaiki kemampuan otak, mengaktifkan lebih banyak gen, dan mengembalikan hormon yang hilang pada pria

Prinsip dasar


Terdapat banyak metode dalam latihan kekuatan. Meskipun demikian, ada empat prinsip dasar yang harus diperhatikan agar latihan kekuatan bekerja secara efektif dan efisien

Memilih jenis latihan yang sesuai


-Frekuensi latihan
-Banyaknya set dalam suatu latihan
-Banyaknya repetisi dalam suatu set

Jenis-jenis latihan


Berdasarkan tujuan, latihan kekuatan dibagi menjadi empat jenis, yaitu


Meningkatkan tenaga


Latihan  ini dilakukan untuk meningkatkan kekuatan eksplosif otot, yang artinya mampu menghasilkan kekuatan besar dalam waktu singkat. Contoh dari latihan tipe ini adalah peningkatan kemampuan berlari atau melompat.

Meningkatkan kekuatan otot


Seluruh latihan kekuatan akan meningkatkan kekuatan otot, namun latihan jenis ini bertujuan khusus untuk meningkatkan kekuatan absolut seperti mengangkat beban.

Hipertrofi otot


Latihan jenis ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah otot kering dalam tubuh, pada umumnya dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Ketahanan otot


Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan otot untuk menahan atau mengangkat beban selama periode waktu tertentu.

Perbedaan pembentukan tubuh, angkat beban, dan latihan kekuatan


Pembentukan tubuh


Pembentukan tubuh (bodybuilding) adalah hal pertama yang terlintas di pikiran setiap orang yang akan mengangkat beban. Hal ini terjadi karena adanya stereotipe yang menyatakan bahwa "tubuh berbentuk" adalah tubuh seorang atlet angkat berat. Meskipun demikian, metode latihan yang diterapkan oleh para atlet seringkali gagal membentuk tubuh agar mirip dengan atlet idola. Jawaban dari permasalahan tersebut adalah perbedaan pada tujuan latihan antara orang yang ingin membentuk tubuh dengan atlet angkat beban. Tujuan utama latihan pembentukan tubuh adalah perubahan tampilan fisik dan stimulus terbaik untuk merubah tampilan fisik adalah kelelahan otot. Metode latihan pada pembentukan tubuh didesain sedemikian rupa untuk membuat otot selelah mungkin, bukan menjadikannya lebih kuat.

Angkat beban


Angkat beban yang dimaksud disini merujuk pada olahraga angkat besi yang kompetitif. Dalam konteks kompetisi, tujuan setiap atlet adalah mengangkat beban seberat mungkin, bukan menstimulasi pertumbuhan otot sebagaimana pada pembentukan tubuh.

Latihan kekuatan


Latihan kekuatan adalah dasar dari pembentukan tubuh dan angkat beban. Tujuan utama dari latihan kekuatan adalah menjadi lebih kuat. Semua orang atau atlet yang mempraktikkan latihan kekuatan tidak peduli tentang seberapa besar ukuran otot atau berapa beban yang mampu mereka angkat, mereka hanya ingin menjadi lebih kuat. Perbedaan latihan kekuatan dengan pembentukan tubuh adalah latihan kekuatan bertujuan untuk meransang peningkatan kekuatan, bukan merangsang peningkatan ukuran. Sementara itu, perbedaan latihan kekuatan dengan angkat beban adalah menjaga kekuatan supaya tetap berada pada rentang yang panjang, bukan memperpendeknya seperti pada angkat beban.